Posisi Perangkat Jaringan Dalam Model OSI Layer

Kita sudah mengetahui mengenai model OSI layer dan perangkat-perangkat yang digunakan dalam jaringan. Nah, karena kedua hal tersebut berhubungan dengan jaringan komputer, maka sudah tentu juga ada hubungan di antara keduanya yaitu, dimanakah letak perangkat-perangkat tersebut dalam model OSI layer?. Berikut ini penjelasannya . . .

#1 NIC/Kartu Jaringan
Karena kartu jaringan merupakan perangkat yang terhubung langsung dengan media transmisi data dan fungsi utamanya adalah mengubah bit-bit data dari komputer menjadi sinyal-sinyal yang dapat ditransmisikan dalam media transmisi data maka kartu jaringan dalam model OSI layer menempati layer 1 yaitu physical layer.

#2 Hub
Dengan kesederhanaan fungsi hub dalam membentuk jaringan yaitu hanya meneruskan data yang masuk tanpa melakukan penyaringan data maupun alamat tujuannya, maka hub juga terdapat pada physical layer.

#3 Repeater
Repeater juga memilki kemampuan yang sama dengan hub namun lebih sedikit jumlah port-nya, sehingga sama dengan hub terdapat pada physical layer.

#4 Bridge
Dengan kemampuan bridge dalam mengidentifikasi alamat tujuan dari data yang dikirim maka bridge menempati data-link layer.

#5 Switch
Switch melakukan pengalamatan tujuan dari data yang dikirim berdasarkan MAC address, hal tersebut sama dengan kemampuan data-link layer dalam pengalamatn perangkat keras. Maka switch dalam model OSI layer terdapat pada data-link layer. Namun ada juga switch yang memiliki kemampuan lebih sehingga dapat menempati network layer.

#6 Router
Router juga mampu melakukan pengalamatan tujuan dari data yang dikirim, namun berbeda dengan switch yang menggunakan MAC address, router menggunakan IP address. Oleh karena itu router terdapat pada network layer.

3 responses to “Posisi Perangkat Jaringan Dalam Model OSI Layer

  1. http://ihanfarhan.blogspot.com

  2. makasih banyak mass
    info seputar Bola, prediksi bola TERBARU dan TERPERCAYA
    bisa Anda dapatkan disini..
    www.bola368.net

Leave a Reply